Himespa palopo bergabung ke Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (IMEPI)

Himespa palopo bergabung ke Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (IMEPI)

Himespa palopo bergabung ke Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (IMEPI)

Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI ) adalah sebuah wadah untuk mengikat seluruh mahasiswa ekonomi pembangunan se- indonesia yang terdiri dari delapan wilayah dalam lingkungan IMEPI dikatakan dalam zona yakni
1.Sumatera Bagian Utara (SUMBAGUT)
2.Sumatera Bagian Tengah (SUMBAGTENG)
3.Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL)
4.Jawa Bagian Barat (JABAGBAR)
5. Jawa Bagian Tengah (JABAGTENG)
6. Jawa Bagian Timur (JABAGTIM)
7.Kalimantan
8. Sulawesi, Maluku dan Papua (SUMAPUA)

Sedangkan sulawesi selatan berada pada zona 8 yang mencakupi wilayah Sulawesi Maluku dan Papua (SUMAPUA).
Dan alhamdlillah pada kesempatan di periode kepemimpinan ini periode 2018-2019 Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (HIMESPA) UM Palopo dengan penuh kesyukuran telah menyatakan sikap dengan bergabung pada forum kegiatan yang berskala nasional ini. Hal ini dibuktikan ketika pada hari rabu, tanggal 28 maret 2019 HIMESPA UM Palopo yang diwakili oleh :
1.lham (Ketua HIMESPA UM Palopo periode 2018-2019),
2.Tayyib Darda (Ketua Bidang Organisasi HIMESPA UM Palopo)
3.Aldi Parintak (Anggota Bidang HUMAS HIMESPA UM Palopo)
Masing-masing mereka ikut berpartisipasi dalam kegiatan musyawarah wilayah X IMEPI sulawesi maluku dan papua (SUMAPUA) yang diselenggarakan di Universitas Negeri Gorontalo dan dihadiri berbagai delegasi lembaga mahasiswa jurusan Ekonomi pembangunan yang terangkum dalam wilayah SUMAPUA.
Pada kegiatan tersebut ada beberapa rangkaian item kegiatan selain dari Muswayarah Wilayah, seperti Focus Group discussion (FGD) dengan tema yang diusung “Peran pemerintah dalam mengatasi kesenjangan ekonomi wilayah” diskusi tersebut fokus membahas kesenjangan yang terjadi di masing masing wilayah delegasi muswil dan dari diskusi tersebut menghasilkan sebuah rekomendasi yang nantinya dikirim ke pusat agar ditangani segera.
Adapun beberapa topik yang menjadi pembahasan di Focus group discussion tersebut adalah terkait gini ratio yang nampak besar jaraknya terhadap peningkatan produk domestik bruto (PDB) yang hal ini tentu sangat berpengaruh kepada masyarakat. Dan juga pembahasan lain terkait disparitas atau ketimpangan ekonomi yang terjadi diakibatkan oleh otonomi daerah atau desentralisasi yang tidak sehat, lanjut membahas tentang upaya menakar pembentukan daerah otonomi baru yang salah satunya terjadi di regional kabupaten luwu.
Dan juga masih ada agenda agenda positif yang dapat memantik daya pikir mahasiswa sehingga mampu membentuk karakter pemimpin – pemimpin dimasa yang akan datang.
Lanjut, Ilham selaku ketua HIMESPA UM Palopo berkata ” semoga kedepannya forum-forum seperti ini banyak di isi mahasiswa sebagai ajang silaturahmi, tukar pikiran, juga bisa menambah pengetahuan serta pengalaman “

Blog Attachment

Leave us a Comment